Pengertian Jantung Serta Bagian-Bagiannya

Jantung adalah Salah satu organ manusia yang berperan penting dalam sistem peredaran darah.Letak Jantung berada agak sebelah kiri bagian dada, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Jantung memiliki berat kurang lebih 300 gram, Fungsi jantung untuk memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh.

Bagian-bagian Jantung :

  • Dinding & Otot JantungDinding jantung terdiri dari sel-sel unik yang disebut myocardium yang berisi otot jantung. Otot ini merupakan jenis satu-satunya yang terdapat pada tubuh karena harus memiliki oksigen sepnajang waktu untuk tetap hidup dan agar jantung yang melewati pembuluh darah arteri koroner harus berlangsung secara kontiniu.
  • Sytem Listrik
    System elektrik terdiri dari dua node elektris yang terletak di dalam jantung. Yang pertama, disebut sinoatrial node (SA), yang terdapat di bagian atas serambi kanan. Yang kedua, disebut atrioventrical node (AV). Node-node ini memancarkan aliran listrik pada waktu yang tepat, sehingga denyut jantung (irama ekspansi dan kontraksi) terkoordinasi.
  • Klep Jantung
    Jantung memiliki 4 klep yang berfungsi menentukan kearah mana darah mengalir,berapa besar alirannya, dan kapan menghentikan aliran tersebut, adapun masing-masing klep adalah:

    1. Klep tricuspid
      Bila membuka membiarkan darah mengalir dari bilik kanan pada waktu jantung relaksasi dan menutup untuk mencegah darah mengalir kembali ke tubuh bila jantung kontraksi.
    2. Klep mitral.
      Yang mengkontrol darah mengalir antara serambi kiri dan bilik kiri.
    3. Klep Pulmic.
      Mengontrol aliran darah dari bilik kanan ke arteri yang menyuplai darah ke paru-paru.
    4. Klep aorta.
      yang memisahkan bilik kiri dengan aorta. Bilamana terbuka membiarkan darah mengalir ke tubuh yaitu sewaktu jantung berkontraksi, dan tertutup bila jantung relaksasi.