Cara Mencegah & Mengobati Penyakit Jantung Rematik

Cara pencegahan serangan jantung rematik paling efisien adalah dengan rajin membersihkan tempat tinggal. Hal ini bertujuan untuk membasmi bakteri Streptococcus, pembawa penyakit demam rematik. Lakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga tingkat kekebalan tubuh. Hindari rokok dan pakailah masker di udara berdebu atau ketika membersihkan rumah. Peningkatan kekebalan tubuh sebaiknya dilakukan saat terjadi perubahan cuaca ekstrem, karena di waktu tersebut bakteri Streptococcus berkembangbiak dan sering menginfeksi anak-anak anda yang sering main di luar rumah.

Pengobatan Jantung Rematik
Untuk mengobati sakit jantung rematik, Dokter akan memberikan obat antibiotik dan anti radang untuk membersihkan kuman Streptococcus di dalam tubuh. Obat antibiotik yang diberikan antara lain adalah Benzathine, Erythromycin, atau Cephalosporin. Dan obat anti radang adalah Cortisone dan Aspirin. Sedangkan, untuk mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi, pasien akan diberi diet gizi tinggi. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus dan menyebabkan trombo-emboli atau bahkan gagal jantung yang tentu mematikan.
Apabila kondisi jantung rematik semakin memburuk, pilihan terakhir untuk mengobati penyakit Jantung Rematik adalah dengan operasi. Meskipun biaya yang diperlukan tidak murah, Metode ini memang harus dilakukan agar jiwa pasien bisa diselamatkan.