Manfaat Kunyit

Ada banyak sekali manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat, salah satunya yakni kunyit bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia. Karena kunyit mengandung zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Dalam bahasa latin kunyit disebut dengan Curcuma longa linn, merupakan salah satu tanaman rempah yang dulunya berasal dari Asia Tenggara.

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Pada umumnya kunyit merupakan bahan rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan, namun kini kunyit banyak digunakan untuk pembuatan jamu, karena memang kunyit sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat kunyit untuk kesehatan mungkin jarang diketahui. Karena memang kunyit lebih dikenal hanya sebagai bumbu masakan.

Kandungan Dalam Kunyit

Banyak sekali kandungan senyawa dalam kunyit yang berkhasiat sebagai obat herbal, salah satu kandungan tersebut yakni kurkuminoid, dimana kandungan ini terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10%, dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Selain itu kunyit juga mengandung zat besi, zat fosfor, garam-garam mineral, minyak atsiri, lemak, protein, dan masih banyak lagi. Kandungan tersebu membuat manfaat kunyit untuk kesehatan sangatlah banyak.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan yang mungkin perlu anda ketahui.

1. Mencegah Alzheimer
Dalam kunyit terdapat kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang akan bermasalah dengan ingatan dan cara berfikir.

2. Mengobati Tifus
Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit, caranya yakni dengan menumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

3. Mencegah kanker
Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat juga kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit.

4. Mengurangi resiko diabetes
Kandungan kurkumin dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda bisa dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

5. Mencegah anemia
Anemia merupakan penyakit kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab anemia yakni kurangnya zat besi, karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut. Untuk menghindari anemia anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin.

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan minyak atsiri dan kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Meskipun kunyit mempunyai banyak sekali manfaat, namun kunyit ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit empedu, karena akan memperburuk kondisi penderita. Demikian sekilas informasi tentang manfaat kunyit untuk kesehatan anda, semoga bisa bermanfaat.