Manfaat buah mangga

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tentu saja sangat banyak karena dalam buah mangga terkandung berbagai vitamin, senyawa, dan kandungan lainnya. Mungkin bisa dikatakan setiap orang sudah tahu seperti apa itu buah mangga dan bagaimana rasanya. Yah, buah ini sudah menjadi salah satu buah favorit masyarakat, selain mempunyai rasa enak mangga juga dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Meskipun demikian tapi saya yakin pasti anda belum mengetahui secara detail mengenai buah mangga ini, apalagi khasiat dan manfaat buah manggauntuk kesehatan kita. Nah untuk itu kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai apa saja manfaat buah mangga untuk kesehatan kita.

Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga

Tahukah anda, buah mangga mempunyai nama ilmiah yakni Mangifera Indica. Buah mangga sendiri termasuk dalam marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota. Nah asal muasal pohon mangga diyakini berasal dari perbatasan India dengan Burma dan diperkirakan sudah sekitar 1500 tahun yang lalu buah mangga menyebar ke Asia Tenggara. Jika dilihat dari fisiknya, buah mangga mempunyai bentuk yang sangat beragam dan tergantung pada jenis atau macamnya. Beberapa mangga yang kerap ditemukan dimasyarakat yakni mangga dengan bentuk lonjong memanjang, bulat seperti telur, dan masih banyak lagi.

Dalam penelitian yang sudah dilakukan banyak pihak membuktikan buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kita. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali kandungan dalam buah ini. Nah sebelum mengetahui manfaat buah mangga ada baiknya ketahui terlebih dulu beberapa kandungan buah mangga berikut ini.

Nilai Kandungan Gizi Mangga per 100 g

1. Karbohidrat 17,00 g
2. Gula 14,8 g
3. Diet serat 1,8 g
4. Lemak 0,27 g
5. Protein 0,51 g
6. Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
7. Beta-karoten 445 mg (4%)
8. Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
9. Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
10. Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
11. Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
12. Vitamin B6 0,134 mg (10%)
13. Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
14. Vitamin C 27,7 mg (46%)
15. Kalsium 10 mg (1%)
16. Besi 0,13 mg (1%)
17. Magnesium 9 mg (2%)
18. Fosfor 11 mg (2%)
19. Kalium 156 mg (3%)
20. Seng 0,04 mg (0%)

Manfaat Buah Mangga
1. Mencegah Kanker
Dalam buah mangga terkandung zat antioksidan yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kanker prostat, kanker usus, dan leukimia. Zat antioksidan yang terkandung dalam buah mangga yakni antara lain fisetin, isoquercetin, methylgallat, astragalin, gallic acid, dan quercetin.

2. Mampu Menurukan Kolesterol
Bagi anda yang menderita kadar kolesterol tinggi sebaiknya rutin mengkonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya dalam buah mangga mengandung serat, vitamin C, dan juga zat pectin. Seperti kita ketahui, kandungan itu sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Dalam buah mangga selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A. Perlu anda ketahui, kandungan vitamin A dalam mangga sangatlah tinggi, satu cangkir mangga yang sudah dipotong-potong saja dapat memberikan 25% asupan vitamin A dalam sehari. Sehingga apabila dikonsumsi setiap hari dapat menjaga kesehatan mata kita dan mencegah terjadinya mata kering serta kebutaan.

4. Mencegah Diabetes
Buah mangga sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dalam mangga terkandung index glycemix yang relatif rendah. Selain itu buah ini juga tidak akan mengakibatkan lonjakan insulin.

5. Manjaga Pencernaan
Selain buah pepaya, mangga juga sangat bermanfaat dalam menjaga pencernaan dalam tubuh kita, karena dalam buah ini mengandung enzim untuk mengolah protein. Selain itu dalam mangga juga mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

6. Meredakan Panas Tubuh
Anda dapat mengkonsumsi jus mangga ketika cuaca panas dan terik matahari menyengat. Dengan begitu maka akan mencegah anda mengalami dehidrasi dan kerusakan ginjal, karena serangan panas matahari menyebabkan ginjal anda mengalami beban lebih dalam menetralkan racun.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Apabila dikonsumsi secara rutin maka buah mangga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit dan infeksi. Karena dalam buah ini terkandung vitamin C dan A yang berlimpah, selain itu juga diperkaya dengan kandungan 25 jenis karotenoid, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh anda tetap terjaga dan semakin kuat.

Manfaat lain buah mangga bagi kesehatan dan kecantikan

  • Bermanfaat untuk membersihkan darah
  • Mencerahkan kulit
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  • Dapat meningkatka daya ingat dan konsentrasi anda
  • Mingkatkan stamina tubuh
  • Mencegah stroke
  • Mencegah anemia
  • Membantu program diet
  • Menghaluskan kulit
  • Menurunkan tekanan darah