Jenis-jenis Penyakit pada Ginjal

JENIS-JENIS PENYAKIT GINJAL

Ada beberapa jenis penyakit ginjal, semua itu dikarenakan oleh sebab dan hal yang berbeda-beda. Jika sudah diketahui apa dan bentuk pengobatan yang terbaik akan menangani kondisi medis dari penyakit tersebut. Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang cukup serius dan juga beberapa jenis yang tidak serius. Di bawah ini beberapa jenis penyakit ginjal yang sering dijumpai di dalam dunia medis.

a. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah sebuah kristal kecil yang terbentuk di dalam ginjal. Jika mereka tumbuh cukup besar, mereka dapat mencegah dan menghalangi proses urin dalam mengalir keluar dari ginjal atau memicu infeksi pada ginkal dan menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

b. Penyakit Ginjal Polycystic

Polycystic adalah kondisi medis di mana kista terbentuk di dalam ginjal. Dalam beberapa kasus yang sudah diketahui, kista yang hanya ada di ginjal, tidak menyebabkan masalah apapun. Tetapi dalam situasi lain, kista dapat membesar dari waktu ke waktu dan akan mengakibatkan penghambatan pada kemampuan ginjal untuk berfungsi secara baik dan normal.

c. Pyelonephritis

Pyelonephritis adalah jenis penyakit ginjal yang disebabkan karena infeksi ginjal. Hal ini dapat disebabkan oleh bakteri taupun virus, dan biasanya dapat diobati dengan obat-obatan atau antibiotik secara teratur. Infeksi kronis ginjal biasanya berhubungan dengan kandung kemih kronis dan infeksi saluran kemih.

c. Ginjal Reflux

Ginjal Reflux adalah situasi pada ginjal di mana otot uretra memaksakan beberapa urin kembali ke dalam ginjal, daripada membawanya keluar dari tubuh. Hasilnya yaitu mengakibatkan infeksi  berulang pada ginjal

d. Systemic Lupus

Systemic lupus adalah penyakit autoimun yang bisa menyerang seluruh tubuh. Sel darah putih menyerang jaringan sehat pada ginjal dan mengurangi kemapuan mereka untuk berfungsi normal.

e. Renal Acidosis

Renal Acidosis adalah jenis penyakit ginjal ketika ginjal berhenti dalam penyaringan yang menghasilkan asam dari aliran darah dan menyebabkan tingkat keasaman tinggi dalam darah.