HINDARI OSTEOPOROSIS DENGAN SENAM ZUMBA

Kepadatan dan keutuhan tulang perlu dijaga untuk menghindari osteoporosis. Cara yang paling baik adalah dengan melakukan gerakan aktivitas fisik yang menekankan tekanan putaran dan twist.
Penyakit osteoporosis masih menjadi ancaman dinegeri ini, menurut data hanya 40% yang mencukupi kebutuhan harian kalsiumnya. Kekurangan kalsium menyebabkan risiko, terlebih bila terjadi dalam jangka panjang. Kejadin patah tulang mendadak kebal atau kebas dan detak jantung tidak normal  merupakan contoh umum dari kekurangan kalsium jangka panjang.
Kejadian patah tulang mendadak, kebal atau kebas, dan detak jantung tidak normal merupakan contoh umum dari kekurangan kalisium jangka panjang. Konsumsi kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kepadatan tulang, perlu diimbangi dengan olahraga dengan gerakan penekanan otot agar hasilnya maksimal. Olahraga dapat mengoptimalkan fungsi otot dan meminimalkan cedera tulang dan menjaga postur tubuh, sayangnya awam masih beranggapan kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan rumah saja sudah cukup. Nyatanya olahraga berbeda dengan kegiatan tersebut.


Tentunya berbagai jenis olahraga dapat dipilih untuk menjaga kebugaran, namun mengikuti tren yang sedang populer belakangan, zumba dence atau senam zumba bisa menjadi alternatif mudah dan menarik. Alasannya, gerakan senam zumba fokus pada bagian atas dan bawah tubuh secara seimbang. Senam zumba sebenarnya telah lama diperkenalkan di Indonesia. Gerakan senam zumba terdiri atas berbagai variasi tarian asal latin, seperti meringue, pop, reggaeton, cumbia, mambo, salsa, flamenco, rumba, dan calypso.
Gerakan senam zumba ini bisa dilakukan dalam tempo cepat maupun lambat sehingga siapa pun yang melakukan senam zuma tak cepat bosan. Senam ini juga memiliki gerakan yang lincah dan melatih  banyak otot bekerga. Kunci keberhasilan dan hasil yang maksimal hanya dengan tertur, rutin, dan sesuai dengan kemampuan tubuh. Tak hanya senam zumba, gerakan mudah dalam kesehatan seperti berjalan kaki dan naik turun tangga dapat memenuhi kebutuhan olahraga. Namun yang harus diperhatikan adalah ritme berjalan harus dipercepat dan waktu minimal per hari adalah 30 menit.
Sementara bagi mereka yang sibuk bekerja dan merasa tidak sempat berolahraga, gunakan benda disekitar meja kerja. File Ukuran bersar bisa menjadi pengganti barbel, lebih mudahnya dengan melakukan gerakan squad mendorong tembok selama 10 hingga 20 menit di sela-sela kesibukan. Gerakan tersebut memicu otot tangan dan paha untuk tetap sehat.