Tips Mencegah Disfungsi Ereksi

1. Konsumsi makanan sehat

Diet yang buruk mengakibatkan kemampuan pria untuk ereksi. Minimnya asupan buah dan sayuran serta kegemaran menyantap makanan berlemak dan makanan olahan dapat menghambat aliran darah menuju penis.

2. Menjaga bobot Ideal

Kelebihan berat badan membawa banyak masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe- 2, dapat menyebabkan kerusakan syaraf di seluruh tubuh yang mempengaruhi penis.

3. Kontrol tekanan darah dan kolesterol

Kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi dapatv merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh yang mengalirkan darah ke penis. Akhirnya, ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

4. Olahraga Teratur

Olahraga seperti lari, berenang dan bentuk-bentuk latihan aerobik dapat membantu mencegah disfungsi ereksi.

5. Hindari anabolic steroid

Obat-obatan yang sering disalahgunakan oleh atlet dan binaragawan  dapat mengecilkan testis dan menurunkan kemampuan memproduksi testis.

6. Stop Merokok

Merokok dapat merusk pembuluh darah dan membatasi aliran darah ke penis. Nikotin akan memicu menyempitkan pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah ke penis.

7. Kendalikan stress

Stres akibat faktor psikologis dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin sehingga membuat pembuluh darah berkontraksi. Itu bisa menyebabkan gangguan ereksi.

8. Pertahankan Kadar Testoteron

Pada pria sehat, kadar testoteron sering kali menurun tajam pada usia 50 tahun. Setiap tahun setelah usia 40 tahun, kadar testoteron pria biasanya jatuh sekitar 13%.

Kompas, 27 Januari 2014