Cara Mengatasi Gangguan Tulang Belakang

1. Jangan membungkuk dengan kedua kaki sejajar saat Anda akan mengangkat atau mengambil barang dilantai. Baiknya sebelum anda menjongkok, letakanlah salah satu kaki Anda ke depan baru jongkok.

2. Duduklah menggunakan kursi yang ergonomis, yaitu yang sesuai struktur tulang belakang dengan menyandarkan semua punggung dari pundak hingga bokong dengan rileks. Jangan memajukan bokong Anda hingga ke tepi kursi ketika anda lelah bekerja.

3. Tidurlah menggunakan atau spring bed yang padat. Kasur model ini bisa mengurangi cekungan (kurva) tulang pinggang yang berlebihan. Selain itu, gunakanlah bantal yang tidak terlalu tinggi.

4. Jangan duduk terlalu lama. Lakukan latihan ringan di kursi kerja Anda setiap satu jam sekali. Caranya, pertama, lentingkan kedua punggung Anda ke belakang dengan kedua tangan lurus ke atas. Kedua, putar badan ke kiri dan ke kanan sejauh mungkin dengan pegangan pinggir kursi.

5. Peregangan setiap pagi. Ingat Anda telah berbaring lemas selama 8 jam, jika tiba-tiba bangkit berdiri, Anda dapat mengalami cedera punggung. Sebelum banagun, pelan-pelan regangkan lengan Anda ke atas kepala, kemudian tarik lutut ke arah dada secara bergantian.

6. Bawalah barang belanjaan, buku-buku, dan file kerja Anda pada kedua sisi. Sebaiknya menggunakan tas punggung, jika dengan tas menyamping, ubahlah beberapa minggu sekali posisi tas Anda.