6 Makanan agar Gula Darah Stabil

1. Brokoli, Bayam dan Kacang Hijau

Sayuran ini merupakan sayuran yang sangat dianjurkan untuk para penderita Diabetes. Karena sayuran ini mengandung serat yang yang tinggi dan rendah karbohidrat, sehingga sangat cocok untuk penderita diabtes.

2. Strawberry

Banyak sekali para penderita Diabetes yang menjauhi buah ini karena manisnya, padahal  apabila strawbeery dikonsumsi dengan jumlah yang porsi yang tepat tidak akan membuat kadar gula darah meningkat. Bahkan strawberry jauh lebih aman dibandingkan biskuit atau permen.

Dalam strawberry mengandung kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

3. Gandum

Gandum dipercaya untuk mengkontrol gula darah. Gandum memang termasuk dalam karbohidrat tetapi dalam gandum karbohidrat yang terkandung termasuk dalam golongan karbohidrat baik karena mengandung serat larut yang tinggi, jadi lama dicerna dan tidak membuat gula darah naik secara drastis.

Gandum juga bermanfaat untuk memberikan sumber energi yang stabil dan membantu mengurangi berat badan. Serat yang mudah larut membantu kita untuk merasa kenyang lebih lama. Ini sangatlah penting untuk penderita diabetes tipe 2 karena penderita diabetes tipe 2 cenderung obesitas. Saat berat badan berkurang, biasanya penderita dapat leboh baik untuk mengontrol kadar gula darahnya.

4. Kayu Manis

Di Jerman sebuah studi melakukan penelitian bahwa mereka yang mengkonsumsi ekstrak kayu manis 3x sehari selama 4 bulan akan mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 10,5%. Kayu manis juga dikenak sebagai bahan yang  mempunyai fungsi seperti insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah penderita diabetes.

5. Minuman Berkarbonasi

Minuman ini tidak mengandung karbohidrat dan kalori, sehingga minuman ini tidak hanya baik untuk kadar gula tetapi baik juga untuk menurunkan berat badan.

6. Daging non Lemak dan Salmon

Daging yang banyak mengandung protein tidak berpengaruh pada kadar gula darah. Apabila dikonsumsi sesuai porsi yang benar, ikan, dada ayam tanpa kulit dan daging yang non lemak merupakan menu yang bagus untuk diabetes. Salmon merupakan pilihan yang terbaik karena mengandung Omega-3 yang sehat untuk jantung, salmon juga mengandung chromium, mineral yang dapat membantu insulin agar dapat bekerja dengan benar dan bermanfaat untuk mencerna karbohidrat.