Tips Menjaga Jantung agar Tetap Sehat

1. Olahraga secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu anda menjaga kondisi yang dapat merugikan jantung, seperti darah tinggi, kolesterol yang tinggi,  diabetes dan stress. Untuk itu kita dianjurkan untuk olahraga 30-60 menit setiap harinya.

2. Makan-Makanan yang Sehat

Untuk menjaga jantung tetap sehat kita harus bisa menahan bahan makanan yang mengandung tinggi lemak, garam, dan kolesterol. Hindari makanan seperti goreng-gorengan, daging merah dan makan-makanan yang disimpan dalam kemasan. Anda dianjurkan makan-makanan seperti makanan yang kaya mengandung omega 3 misal salmon.

3. Tidak Merokok

Rokok adalah faktor utama yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, resiko ini akan meningkat pada penikmat rokok dengan kadar nikotin dan tar yang lebih rendah ataupun perokok pasif. Maka sangat dianjurkan agar anda berhenti merokok, hanya dalam waktu setahun setelah stop rokok, resiko terkena sakit jantung pun menurun drastis.

4. Jaga Berat Badan SehatBerat badan yang berlebihan dapat memicu penyakit jantung, yang diakibatkan karena darah tinggi, kolesterol yang tinggi, dan diabetes. Masalah berat badan yang berlebihan atau disebut obesitas terjadi pada pria dengan lingkar pinggang kurang lebih 101 cm, dan pada wanita kurang lebih 89 cm.

5. Stress

stress atau kemarahan yang tidak bisa dikontrol bisa menyebabkan penyakit jantung. Teknik manajemen stress yang bisa anda terapkan dengan baik bisa berpengaruh positif pada kesehatan jantung.